Selasa, 15 Mei 2012

" VIDEO KENANGAN GROUP SAHURAY" dan KULANG KALING

" VIDEO  KENANGAN GROUP SAHURAY" dan KULANG KALING






*KULANG KALING

Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti "benda-benda licin kecil" ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.


*Tahap pembuatan

1. Pemilihan buah berkualitas

Pemilihan buah sangat penting dalam menentukan kualitas produksi nantinya. Biji kolang-kaling tidak bisa terlalu tua ataupun terlalu muda.

2. Perebusan buah

Setelah pemilihan buah dilanjutkan dengan proses perebusan. Perebusan berguna untuk menghilangkan getah pada buah, yang dikenal sangat gatal dan korosif

3. Pengupasan buah

Untuk mengambil biji dilakukan pengupasan menggunakan pisau kecil

4. Pemipihan dan masa fermentasi kolang-kaling

Biji kolang kaling akan dipipihkan menggunakan alat tertentu. Dan kemudian direndam menggunakan kapur sirih dan air bersih untuk memulai proses fermentasi




*VIDEO  KENANGAN GROUP SAHURAY




_____
Cat :

PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar